Luky
Luky
  • Apr 2, 2021
  • 661

Dukung Industri Perfilman Indonesia, Pemkab Bogor Gelar Festival Film Pendek Bogor 2021

KAB.BOGOR, -Bupati Bogor, Ade Yasin optimistis dunia perfilman Indonesia segera bangkit. Hal ini ditunjukkan dengan akan digelarnya Festival Film Pendek Bogor tahun 2021 dengan tema “Kebudayaan Dalam Bidikan Sineas Bogor” dan Lomba Video Kreatif Profil Desa dengan tema “Desa Membangun Kabupaten Bogor Maju”. Launching Festival Film Pendek dilaksanakan di Gedung Serbaguna I Setda Kabupaten Bogor, Cibinong (31/3). Festival ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Film Nasional dan menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke-539 pada 3 Juni 2021. 

Bupati Ade Yasin menjelaskan, Festival Film Pendek merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam mendorong berkembangnya industri ekonomi kreatif yang saat ini menjadi salah satu program prioritas pemerintah pusat. 

“Dalam sektor ekonomi kreatif, industri perfilman merupakan salah satu sub-sektor yang tidak bisa dipisahkan dan menjadi bagian penting untuk membantu pemerintah dalam program pemulihan ekonomi daerah, ” ungkap Ade. 

Selanjutnya ia mengatakan, dalam rangka mendukung industri perfilman nasional, Pemkab Bogor pada pemberlakuan PPKM mikro perpanjangan periode terakhir telah memberikan relaksasi kepada beberapa sektor ekonomi kreatif dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, diantaranya dengan mengizinkan kembali bioskop untuk beroperasi. 

“Dalam Festival Film Pendek, akan dipotret tentang sejarah Bogor, adat istiadat, tradisi dan budaya, kuliner, serta potensi lainnya di Kabupaten Bogor. Festival Film Pendek Bogor terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI), dengan catatan lokasi pengambilan video atau syuting nya harus di wilayah Kabupaten Bogor, ” terang Ade Yasin. 

Ade menambahkan, dengan diselenggarakannya Festival Film Pendek 2021, diharapkan akan lahir anak-anak muda kreatif, para sineas muda Bogor yang cinta terhadap sejarah dan kebudayaan Bogor, serta mampu melestarikannya untuk generasi mendatang, dan tentunya visi “Berkeadaban" Kabupaten Bogor dapat terwujud.

Hadir dalam launching tersebut Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor.

Sementara itu, total hadiah Festival Film Pendek Bogor berjumlah Rp.70 juta. Waktu pendaftaran mulai pada 15 April - 15 Mei 2021. Penilaian oleh juri dilaksanakan pada 17 April - 30 Mei 2021. Pengumuman pemenang pada tanggal 3 Juni 2021.

(DKF/LKY)

Penulis :
Bagikan :

Berita terkait

MENU